Mengenal Sistem dan Kurikulum Pendidikan Australia

Kanguru Australia Australia, negara Kangguru ini semakin menjadi favorit bagi para siswa Indonesia yang hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Selain memiliki kualitas pendidikan yang diakui secara internasional, Australia juga relatif dekat dengan Indonesia sehingga orang tua tidak terlalu khawatir melepas anaknya.

Untuk menjaga kualitas, setiap program studi di Australia mengikuti standar persyaratan pemerintah Australia yang ketat. Secara hukum, istitusi Australia hanya dapat menawarkan program studi kepada siswa asing jika institusi dan program studinya terdaftar dan terakreditasi oleh pemerintah Australia.

Dengan persyaratan ketat seperti itu, program studi di Australia diakui kualitas dan reputasinya secara global, baik dari bidang pendidikan, pelatihan, maupun penelitian ilmiahnya.

Dewasa ini, hasil-hasil penelitian dari dunia akademik Australia dalam banyak bidang telah mendapatkan banyak penghargaan dari lembaga-lembaga dunia. Di samping itu, sejumlah universitas di Australia mendapatkan tempat paling tinggi dalam ranking resmi dari beberapa badan survei untuk menilai universitas dunia terbaik.

Agar siswa lebih mendalami dan fokus pada bidang (major) yang dipelajarinya, kurikulum di Australia menetapkan maksimum empat subject saja. Meski demikian, terdapat fleksibilitas di mana siswa dapat memilih antara dua core dan dua electives, atau tiga core dan satu elective dari fakultas mana saja. Dengan kata lain, siswa dapat mendapat fleksibilitas untuk memilih mata kuliah pilihan dari fakultas di luar jurusan yang sedang dia ambil.

Agar relevan dan up to date, proses pembuatan program studi melibatkan pihak industri sehingga siswa nantinya benar-benar siap terjun ke dunia kerja.

Sementara itu, untuk mendukung kegiatan belajar, program studi umumnya juga ditopang oleh tenaga pengajar yang berkualitas, perpustakaan yang lengkap, laboratorium, dan fasilitas pendukung berteknologi tinggi, serta faktor pendukung lainnya seperti pelayanan konseling, baik untuk bidang akademis, karier, dan personal.

Sistem perkuliahan dilakukan secara course work dan by research. Pada course work, siswa mengikuti perkuliahan di kelas relatif besar, lalu dilanjutkan dengan kelas kecil yang disebut tutorial.

Pada tutorial ini, informasi dalam kuliah dibahas lebih rinci lagi di bawah bimbingan masing-masing dosen. Presentasi diskusi, ataupun tugas-tugas akademis disampaikan pada tutorial ini.

Sementara pada program research, bobot tugas siswa akan dititikberatkan hampir seluruhnya kepada hasil karya thesis siswa.

Bagaimana dengan prospek kelulusan dari perguruan tinggi Australia ? yaitu kebanyakan ijiazah atau kealifikasi lulusan perguruan tinggi Australia diakui oleh asosiasi profesi berbagai negara maju sehingga memudahkan lulusannya untuk mencari kerja, membuka usaha atau meneruskan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Sumber : Kompas Newspaper Edisi Selasa, 10 Maret 2009

0 Responses to "Mengenal Sistem dan Kurikulum Pendidikan Australia"

Poskan Komentar